ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP PEMBELAJARAN IPS UNTUK SEKOLAH DASAR

Dyah Putri Erryyanti, Nimas Windyantika, Desi Tri Utami, Titi Anjarini

Abstract


Media pembelajaran merupakan alat komunikasi yangdigunakan dalam proses pembelajaran untukmembawa informasi berupa materi ajar dari gurukepada murid sehingga murid menjadi lebih tertarikuntuk mengikuti kegiatan pembelajaran. IlmuPengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu matapelajaran yang diberikan di sekolah dasar yangmengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dangeneralisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Matapelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di dalamnyamemuat materi geografi, sejarah, sosiologi, danekonomi. Penulisan ini bertujuan untuk:mengidentifikasi media pembelajaran berbasiskearifan lokal pada pembelajaran ips, danmengidentifikasi media pembelajaran yang baik padapembelajaran IPS. Metode yang digunakan padapenulisan ini menggunakan studi literatur dariberbagai jurnal nasional dan internasional. Hasil daripenulisan menujukkan bahwa: media pembelajaranberbasis kearifan lokal pada pembelajaran IPS lebihefektif dan efisien dalam memberikan pengetahuandan pemahaman kepada peserta didik sejak dini,sehingga peserta didik dapat memelihara,melestarikan dan meliliki kesadaran tentang nilai-nilaikebudayaan, dan media pembelajaran konvensionalmaupun digital baik digunakan dalam pembelajaranIPS.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.