METODE BLENDED LEARNING BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MASA PANDEMI

Tasya Laititia, Rintis Rizkia Pangestika

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan sistem pembelajaranakibat pandemi Covid-19. Sistem yang berubah yaitu segala bentukproses pembelajaran dilaksanakan secara daring. Sehingga gurudituntut untuk kreatif dalam memilih metode pembelajaran yangtepat seperti metode Blended Learning berbasis Problem BasedLearning. Dengan metode blended learning berbasis problem basedlearning peserta didik dapat mengembangkan pengetahuanpemecahan masalahnya untuk diterapkan dalam kehidupan seharihari.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitasmetode blended learning berbasis problem based learning sebagaialternatif pembelajaran matematika di masa pandemic. Penelitian inimenggunakan metode studi literatur dan studi pustaka untukmenggali informasi. Spesifikasi komponen-komponen modelrancangan blended learning matematika terapan, meliputi: 1) capaianpembelajaran, 2) peta organisasi materi, 3) daftar refrensi, 4)materi/bahan ajar, 5) aktivitas pembelajaran sinkron dan asinkron,rancangan pembelajaran Asinkron, 6) rancangan pembelajaranSinkron, 7) rancang bangun pembelajaran Sinkron, dan 8) alurpembelajaran Sinkron.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.