PENILAIAN KETERAMPILAN PROSES SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING

Siti Sa’ria, Luqyana Adhe Fitrian Syuba, Nur Ngazizah

Abstract


Penulisan ini dilatarbelakangi oleh perubahan yangterjadi pada proses pembelajaran karena pandemiCovid-19 yaitu dilakukannya pembelajaran secaraonline atau daring (dalam jaringan). Penulisan inibertujuan untuk mengetahui bagaimana penilaianketerampilan proses sains siswa dalam pembelajarandaring terutama pada mata pelajaran IPA. Penulisanini menggunakan metode studi literatur dan studipustaka yang mempunyai maksud untuk menggaliinformasi sebanyak mungkin dari data pustaka,dilanjut membaca dan mencatat, serta mengolahbahan penelitian. Penulisan diawali denganmerumuskan masalah penelitian, kemudiandilanjutkan dengan menelusuri hasil penelitian yangrelevan untuk disusun menjadi sebuah kajian.Pengumpulan data dilakukan dengan menelusurijurnalIndonesia ditulis menggunakan BahasaIndonesia baku dengan ejaan yang disempurnakan,kanan kiri menjorok 1 cm. elektronik melalui GoogleCendekia. Setelah itu, dilanjut membaca abstrakdengan cepat dan membuat ulasan singkat dari studiliteratur tersebut. Hasil dari penulisan ini adalahpembelajaran daring dapat menumbuhkanketerampilan proses sains pada mata pelajaran IPA,akan tetapi tidak dengan maksimal. Demikiandikarenakan pembelajaran daring begitu sulit bagiguru yang kurang berinovasi dan infrastruktur yangkurang memadai.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.