INTEGRASI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MELALUI PERCOBAAN SAINS

Raihannisa Asri Ramadhania, Silfiana Damayanti, Nur Ngazizah

Abstract


Perkembangan dunia abad 21 yaitu sebuah tuntutan pendidikan agar mempersiapkan peserta didik agar berkemajuan dalam hal teknologi dan mampu bersaing dengan ekonomi global. Integrasi karakter yaitu mengembangkan suatu proses sikap ke dalam diri peserta didik melalui pendidikan karakter. Pengintegrasian karakter melalui percobaan sains dapat membangun karakter peserta didik dikarenakan pembelajaran sains yang strategis. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui integrasi karakter peserta didik melalui percobaan sains dalam pembelajaran. Penulisan ini menggunakan metode studi literature yaitu metode pengumpulan data adalah studi kepustakaan. Hasil dalam penulisan ini menujukkan bahwa percobaan sains yang dapat berkaitan dengan meningkatkannya pendidikan karakter dalam pembelajaran. Guru dapat mengembangkan pendidikan karakter melalui sains dengan mengikuti abad 21 agar menghasilkan pembelajaran yang dapat merubah pola pembelajaran agar berpusat kepada siswa.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.