KAITAN ANTARA MODEL PEMBELAJARAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) DAN LITERASI SAINS

Shinta Magdhalena Gusna, Nur Ngazizah

Abstract


Model pembelajaran STEM merupakan singkatan dari sebuah pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics. STEM merupakan pengejawatahan dari pembelajaran yang membuat siswa aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM), selain itu dapat melatih siswa untuk berpikir kritis dalam pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari, mempu berkomunikasi dan berkolaborasi serta memiliki kepedulian terhadap lingkungan alam dan kepekaan sosial. Tujuan dari penulisan ini adalah mengetahui kebutuhan guru sekolah dasar dalam mempelajari model pembelajaran STEM dan literasi sains. Metode yang digunakan adalah metode study literature, karena dengan metode ini hanya melakukan studi kepustakaan, para penulis mempunyai pendalaman yang lebih luas dan mendalam terhadap masalah yang hendak dicapai. Hasil yang diharapkan ini adalah bahwa model pembelajaran STEM mampu mengembangkan aktivitas siswa, karena di dalam model pembelajaran STEM ada tahap-tahap yang perlu dilakukan, tahap-tahap ini akan memunculkan siswa menjadi lebih aktif di dalam pembelajaran dan literasi sains tersebut.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.