Validitas Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi

Sri Rezeki, Putri Yuanita

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik dan masih terbatasnya perangkat pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Sehubungan dengan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika yang memfasilitasi kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau research and development. Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg and Gall. dengan tahapan yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan dan pengembangan draf produk awal. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah silabus, RPP, dan LKPD. Berdasarkan hasil analisis data validitas, validitas silabus adalah 3,50 dengan kategori sangat valid, validitas RPP adalah 3,43 dengan kategori sangat valid dan validitas LKPD adalah 3,47 dengan kategori sangat valid. Rata-rata skor validasi perangkat pembelajaran adalah 3,47 dengan kriteria sangat valid. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.