PROBLEM BASED LEARNING MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL

Rostika Anggraeni, Luqyana Adhe Fitrian Syuba, Titi Anjarini

Abstract


Problem Based Learning merupakan suatu model pembelajaran yang menantang siswa untuk belajar, bekerja secara kelompok untuk mencari solusi dari permasalahan dunia nyata. Kearifan lokal merupakan pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan khas daerah setempat sebagai bahan atau alat dalam pembelajaran. Higher Order of Thinking Skill adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Permasalahan pada saat ini kurangnya rasa keingin tahuan siswa pada pembelajaran yang dimaksud. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui problem based learning melalui pembelajaran berbasis kearifan lokal. Metode yang digunakan adalah studi literatur dari jurnal yang bereputasi nasional dan internasional sebagai sumber literaturnya. Hasil dari studi literatur yaitu pembelajaran berbasis kearifan lokal sangat membantu guru dalam pembelajaran yang bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta didik serta sebagai media untuk penanaman rasa cinta terhadap kearifan lokal di daerahnya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.