RANCANGAN PENELITIAN PENGEMBANGAN: MEDIA VIDEO ANIMASI POWTOON DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM BERBASIS DARING UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Dian Karyaningsih, Shanta Rezkita, Ayu Rahayu

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media video animasi PowToon dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam berbasis daring pada siswa kelas V SD 1 Srandakan Bantul. Penelitian pengembangan ini didasarkan pada wawancara, kuesioner, observasi dan dokumentasi. Prosedur penelitian dimulai dengan pengumpulan informasi, pengembangan produk awal, validasi dan revisi ahli, uji coba terbatas dan revisi, uji coba utama, dan diakhiri dengan produk akhir. Tingkat kelayakan produk ditentukan oleh pakar dan guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan produk dikategorikan “Sangat Sesuai” dengan persentase masing-masing sebesar 97%, 92%, dan 90% dari perspektif ahli media ceramah, ahli materi, dan guru kelas. Berdasarkan penilaian siswa dalam skala kecil dan besar, hasilnya tergolong "Sangat Baik" dengan persentase rata-rata 94% dan 92%.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.