PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMA BERBAGAI PEKERJAANKU DENGAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASIDI KELAS IV SD N 2 NGANDONG, GANTIWARNO, KLATEN

Sri Suwartini, Putri Zudhah Ferryka

Abstract


Penelitian ini di latar belakangi oleh kegiatan pembelajaran yang terjadi pada individu yang merupakan perilaku kompleks, karena tidak hanya berkaitan dengan interaksi antara guru dan siswa, melainkan juga berkaitan dengan komponen pembelajaran lain yang saling mendukung. Untuk mencapai tujuan pembelajaran, maka diperlukan metode yang tepat dalam menyampaikan materi pembelajaran. Metode yang diterapkan guru harus mampu merangsang siswa untuk aktif dalam 2 Jurnal Pendidikan Dasar kegiatan pembelajaran. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana cara untuk meningkatkan hasil belajar pada tema “Berbagai Pekerjaanku” dengan metode Demonstrasi pada siswa kelas IV SD N 2 Ngandong, Gantiwarno, Klaten. Pembahasan uraian penelitian ini adalah bagaimana cara guru meningkatkan kemampuan siswa dalam melaksanakan demonstrasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan dengan menentukan langkah-langkah: perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan data, dan refleksi pada masing-masing langkah menggunakan dua siklus. Hasil penelitian dari siklus I hanya 85,57% atau 16 siswa yang mendapat nilai diatas KKM sedang 14,43 % atau 5 siswa mendapat nilai dibawah KKM. Karena belum mencapai KKM maka peneliti melanjutkan ke siklus II. Pada siklus 2 terdapat peningkatan yang signifikan yaitu 89,47% siswa telah menguasai kompetensi yang telah ditetapkan. Dari jumlah 21 siswa sebanyak 19 siswa sudah memenuhi KKM yang ditetapkan. Dari hasil pelaksanaan siklus I dan siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar tema “Berbagai Pekerjaanku”siswa kelas IV di SD N 2 Ngandong, Kabupaten, Klaten

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.