PEMBELAJARAN DENGAN METODE ILMIAH UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER PESERTA DIDIK

Silfiana Damayanti, Raihannisa Asri Ramadhania, Nur Ngazizah

Abstract


Pembelajaran abad ke-21 menekankan pada keterampilan berpikir kritis, pengetahuan dan kemampuan literasi digital, literasi informasi, literasi media dan menguasai teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu kunci pembelajaran abad ke-21 adalah IPA. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengembangkan karakter peserta didik dalam pembelajaran abad ke-21 melalui metode ilmiah. Permasalahannya adalah bagaimana pembelajaran abad ke-21 mendorong peserta didik agar memiliki basis pengetahuan dan pemahaman yang mendalam untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat dan menekankan pada kolaborasi, pemikiran kritis, kreativitas, dan komunikasi sehingga perlu mengembangkan karakter peserta didik melalui metode ilmiah. Metode yang digunakan dalam penulisan yaitu studi literatur yaitu metode pengumpulan data studi perpustakaan. Hasil yang diperoleh dalam pembelajaran dengan metode ilmiah dapat mengembangkan karakter peserta didik yaitu kolaborasi, pemikiran kritis, kreativitas, dan komunikasi dalam pembelajaran IPA di abad 21.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.