METODE BERMAIN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Isna Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan metode bermain dalam pembelajaran di kelas IV SDN 3 Karanganom Klaten Utara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model siklus dari Kemmis & Taggart. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak enam pertemuan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, tes hasil belajar, dokumentasi, dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara, lembar tes, dan catatan lapangan. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa metode bermain dalam pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan siswa di kelas IV SDN 3 Karanganom Klaten Utara. Keaktifan siswa mengalami peningkatan dari siklus ke siklus berikut. Persentase keaktifan siswa sebelum dilakukan tindakan hanya sebesar 18,75% meningkat menjadi 45,83% pada siklus 1. Pada siklus 2 mengalami peningkatan yaitu 76,39% siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci: Metode Bermain, Keaktifan Siswa, dan Sekolah Dasar

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.