PERANAN EKSTRAKURIKULER ESCS (ENGLISH STUDENT COMMUNITY OF SMANSA) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS SISWA SMA NEGERI 1 PURWOKERTO

Dede Nurdiawati

Abstract


Penelitian ini mendeskripsikan peran kegiatan ekstrakurikuler ESCS (English Student Community of SMANSA) dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kesulitan yang dihadapi siswa dalam bahasa Inggris adalah kurangnya penguasaan vocabulary, English grammar, dan pronunciation. Sedangkan untuk komponen bahasa, sebagian besar siswa masih kesulitan dalam mempelajari Listening karena adanya perbedaan pengucapaan dengan tulisan. 2) Pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler ESCS dilaksanakan seminggu sekali. ESCS merupakan bentuk inovasi yang dilakukan oleh sekolah dalam menggali potensi siswa meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dan banyak memberi perubahan dalam kemampuan berbahasa Inggris. Adapun program kegiatan yang dilakukan adalah SMANSA English Competition (SEC), One Nightof ESCS (ONE), TOEFL-Like Test, persiapan untuk mengikuti lomba-lomba (English Debat dan Story Telling), English Games, dan proses pembelajaran yang menyenangkan. 3) Peranan kegiatan ekstrakurikuler ini menjadi sarana dalam mengembangkan minat dan bakat, belajar berorganisasi, membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar bahasa Inggris, memberikan edukasi yang benar tentang berbicara bahasa Inggris, serta meningkatkan keterampilan mereka dalam berbicara bahasa Inggris didepan publik. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa kegiatan ekstrakurikuler ESCS memiliki peranan yang sangat tinggi dalam meningkatkan kemampuan dan prestasi siswa dalam berbahasa Inggris meliputi keterampilan yang memadai dalam berbahasa Inggris secara lisan maupun tertulis, memiliki keberanian, dan kepercayaan diri yang meningkat dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris untuk memperluas pergaulan dan wawasan budaya.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.