ICE BREAKING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA SEKOLAH DASAR

Candra Dewi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar tematik siswa Sekolah Dasar dengan menerapkan metode ice breaking. Pada penelitian ini, metode penelitiannya adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refkleksi. Beberapa teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yakni lembar wawancara, lembar observasi dan soal tes. Hasil belajar yang diteliti meliputi hasil belajar kgnitif, afektif dan psikomotorik. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa data proses pembelajaran dan data kuantitif berupa nilai hasil belajar. Pada teknik analisis data kualitatif menggunakan teknik analisis data model analisis interaktif yang terdiri dari beberapa komponen yakni mereduksi data, menyajikan data dan menarik simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan ice breaking dapat meningkatkan hasil pembelajaran tematik. Hal ini terlihat dari nilai pra siklus, siklus I dan Siklus II yang mengalami peningkatan. Penelitian berhenti pada siklus II karena indikator pembelajaran telah terpenuhi pada siklus II.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.