PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR

Sri Suwartini

Abstract


Penggunaan metode eksperimen ini sebatas dilakukan oleh guru atau dengan kata lain didemonstrasikan oleh guru, sehingga masih menimbulkan kesulitan bagi siswa untuk memahami materi pelajaran yang disampaikan. Penerapan pembelajaran dengan metode eksperimen akan membantu siswa untuk memahami konsep. Pemahaman konsep dapat diketahui apabila siswa mampu mengutarakan secara lisan, tulisan, maupun aplikasi dalam kehidupannya. Jenis penelitian menggunakan bentuk Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Reaseach). Penelitian Tindakan Kelas adalah satu jenis penelitian tindakan yang dilakukan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelasnya. Penggunaan metode eksperimen untuk meningkatkan pemahaman siswa siswa kelas VSD Negeri 2 Kokosan, Prambanan, Klaten. Hal tersebut dibuktikan dari hasil yang diperoleh siswa dengan nilai ketuntasan pada siklus I mencapai 63,43%. Mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 67,50%. Hal ini menunjukan jumlah siswa yang tuntas telah melewati kriteria keberhasilan tindakan yang telah ditentukan sebesar 75%.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.