MIND MAPPING SEBAGAI PEMBELAJARAN INOVATIF DI SEKOLAH DASAR

Nela Rofisian

Abstract


Inovasi pembelajaran adalah proses belajar pada siswa yang dirancang, dikembangkan dan dikelola secara kreatif, dinamis, dengan menerapkan pendekatan multi kearah yang lebih baik, untuk menciptakan suasana dan proses pembelajaran yang kondusif bagi siswa. Inovasi pembelajaran didesain oleh guru atas dasar dorongan atau gagasan baru untuk melakukan langkah-langkah dalam menguasai pembelajaran dengan metode maupun teknik baru, sehingga diperoleh cara atau metode yang dapat membuat peserta didik antusias dalam belajar. Pembelajaran yang inovatif mengandung arti pembelajaran yang dikemas oleh guru yang merupakan wujud dari gagasan atau ide yang dipandang baru agar mampu memaksimalkan hasil belajar peserta didik serta minat dalam memperoleh kemajuan belajar.Inovasi pembelajaran dapat dilaksanakan dengan cara pemilihan dan penggunaan metode yang tepat, pemberian keteladanan, membiasakan atau membudayakan perilaku yang baik disesuaikan dengan tingkat perkembangan peserta didik di sekolah dasar. Metode pembelajaran mind mapping merupakan metode pembelajaran inovatif yang dapat mengembangkan kreativitas, keaktifan, daya hafal, pengetahuan dan kemandirian siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Metode pembelajaran mind mapping membuat suasana pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan membangkitkan minat belajar siswa dalam proses pembelajaran. Inovasi pembelajaran melalui mind mapping membuat peserta didik antusias dalam mengikuti proses pembelajaran yang ditunjukkan dengan perolehan hasil belajar yang meningkat.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.