PENGARUH CREATIVE PROBLEM SOLVING MELALUI GAMBAR SERI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN KARTOHARJO KOTA MADIUN

Dian Nur Antika, Eky Hastuti

Abstract


Metode pembelajaran Creative Problem Solving melalui media gambar seri merupakan variasi dari pembelajaran pemecahan masalah melalui teknik sistematik yang menuntut siswa kreatif dalam memecahkan masalah, bekerjasama dengan teman, belajar mandiri dengan cara menyajikan permasalahan berupa gambar seri yang memuat fakta-fakta permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode Creative Problem Solving melalui gambar seri terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kartoharjo Kota Madiun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dengan bentuk tes objektif tipe multiple choise. Data tes yang digunakan merupakan hasil post test siswa baik kelas kontrol maupun kelas eksperimen. Dalam menganalisis data digunakan metode statistik dengan rumus Uji-t dengan tingkat signifikansi 0,05. Dari hasil pengolahan data melalui analisis Uji-t diperoleh hasil yaitu = 2,977 dan nilai = 1,685 yang berarti diterima karena >, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh metode Creative Problem Solving melalui media gambar seri terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kartoharjo Kota Madiun.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.