PENALARAN MATEMATIKA MELALUI SOAL CERITA TIPE HOTS PADA SISWA SD

Slamet Widodo, Fina Hastiwi, Rintis Rizkia Pangestika

Abstract


Penalaran adalah cara menggunakan nalar, pemikiran atau cara berpikir logis, proses mental dalam mengembangkan pikiran dari beberapa fakta atau prinsip. Terdapat beberapa macam penalaran yang dimiliki siswa saat belajar matematika, salah satunya yaitu penalaran proporsional. Penalaran proporsional merupakan salah satu penalaran yang penting dalam pembelajaran Matematika karena banyak materi yang berkaitan dengan penalaran proporsional contohnya pada materi perbandingan sebalik dan senilai. Perbandingan adalah membandingkan dua nilai atau lebih dari suatu besaran yang sejenis dan dinyatakan dengan cara yang sederhana. Secara umum, perbandingan dibedakan menjadi dua jenis, yaitu perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai. Melalui soal cerita dengan model High Order Thingking Skill (HOTS) siswa dapat berpikir kritis dan kreatif Keterampilan berpikir kritis merupakan proses intelektual dari keaktifan dan keterampilan konseptual, penerapan, analisis, sintesis, dan evaluasi informasi yang dihasilkan dari pengalaman penalaran. Sehingga HOTS dalam pembelajaran Matematika perlu diterapkan, sebab dengan dilatihkannya HOTS sejak awal akan menuntun siswa mencapai prestasi.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.