KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN KARAKTER SISWA PADA MATERI PERPINDAHAN PANAS DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF KELAS V SD

Yuli Wahyuningsih, Nur Ngazizah

Abstract


Pembelajaran pada kurikulum 2013 menuntut guru untuk menggunakan model pembelajaran saat melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Model pembelajaran kooperatif merupakan pembelajaran yang disusun dalam sebuah usaha untuk meningkatkan partisipasi siswa, memfasilitasi siswa dengan pengalaman sikap kepemimpinan dan membuat keputusan dalam kelompok serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi dan belajar bersama-sama siswa dengan latar belakang berbeda. Selain pada model pembelajaran, kegiatan belajar mengajar di kelas diharapkan mampu menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi yang diperlukan untuk menghadapi tantangan pada abad 21. Keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills) yang diperlukan diantaranya yaitu kemampuan berpikir kritis, berpikir kreatif, menyelesaikan masalah, dan membuat keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi dan karakter yang sesuai dengan KI-2 dari siswa kelas V sekolah dasar. Kemampuan berpikir tingkat tinggi dan karakter siswa sekolah dasar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif belum maksimal atau rendah.Sehingga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang kemampuan berpikir tingkat tinggi dan karakter siswa dengan menggunakan majalah berbasis HOTS terintegrasi karakter tema panas dan perpindahannya pada kelas V SD.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.