KETERKAITAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR

Ika Khoirunisa, Arlianti Arlianti

Abstract


Keterampilan proses sains dalam pembelajaran IPA siswa dibekali peralatan untuk memahami dan mengembangkan ide dan konsep yang belum diketahuinya namun siswa juga mempelajari, memecahkan suatu permasalahan dan menemukan jawaban. Proses pembelajaran IPA di Sekolah Dasar menuntut siswa secara langsung untuk menemukan suatu permasalahan dan dapat memecahkan permasalahan itu sendiri. Model Problem Based Learning (PBL) adalah rangkaian aktivitas pembelajaran yang memuat tahap-tahap kegiatan pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan masalah autentik, memfaslitasi penyelidikan, siswa aktif berpikir, berkomunikasi, mencari, mengolah data dan akhirnya menyimpulkan serta mengarahkan siswa pada kemampuan pemecahan masalah. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar menuntut siswa untuk berpikir kritis, rasa ingin tahu, mengembangkan pengetahuan, keterampilan sikap dan nilai ilmiah pada siswa bukan hanya dengan menghafal saja tetapi juga dapat menemukan masalah dan memecahkan masalah yang dihadapinya. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui kaitan antara model Problem Based Learning dengan keterampilan proses dalam pembelajaran IPA di SD. Hasil yang diharapkan adalah mengetahui peranan model Problem Based Learning dalam meningkatkan keterampilan proses sains dalam pembelajaran IPA SD.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.