KAITAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Bekti Ayu Priyanti, Nely Baroroh

Abstract


Perkembangan di bidang teknologi sangat erat kaitannya dengan perkembangan sains. Tanpa adanya perkembangan ilmu teknologi maka ilmu sainspun tidak dapat melakukan perkembangan, dan sebaliknya. Pembelajaran IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang terdapat dalam Kurikulum 2013 untuk tingkat SD atau MI. Hal ini berarti bahwa, pembelajaran IPA di SD/MI menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui model pembelajaran, pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah. Model pembelajaran inkuiri adalah kegiatan pembelajaran dimana siswa didorong untuk belajar melalui keterlibatan aktif mereka sendiri dengan konsep–konsep dan prinsip–prinsip, dan guru mendorong siswa untuk memiliki pengalaman dan melakukan percobaan yang memungkinkan siswa menemukan prinsip–prinsip untuk diri mereka sendiri. Keterampilan proses sains adalah kemampuan siswa untuk menerapkan metode ilmiah dalam memahami, mengembangkan, dan menemukan ilmu pengetahuan. Penulisan ini bertujuan untuk mendiskripsikan kaitan model pembelajaran inkuiri dan keterampilan proses pada pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Pembelajaran akan lebih bermakna, sehingga berdampak hasil pembelajaran yang meningkat. Pencapaian optimalisasi peningkatan pembelajaran tersebut dapat dicapai menggunakan salah satu model pembelajaran yaitu inkuiri yang melatih siswa memiliki keterampilan proses sains.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.