KAITAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN CREATIVE THINKING SKILL DAN KEMANDIRIAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA SD

Nely Baroroh, Bekti Ayu Priyanti, Nur Ngazizah

Abstract


Pembelajaran pada tingkat sekolah dasar masih banyak menggunakan metode ceramah. Penyampaian materi secara teori masih dominan dibanding praktek secara langsung. Pembelajaran IPA di SD dapat dilakukan menggunakan model Project based learning. Project based learning merupakan salah satu model pembelajaran dengan adanya kegiatan merancang dan melakukan sebuah proyek didalamnya sehingga menghasilkan produk. Creative thinking skill merupakan kemampuan seseorang dalam melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun kerja nyata yang berbeda dengan yang telah ada. Pembelajaran IPA di SD mencakup aspek produk, sikap, proses, dan aplikasi. Tujuan penulisan artikel ini untuk mengetahui kaitan antara model project based learning dengan Creative thinking skill dan kemandirian siswa dalam pembelajaran IPA SD.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.