MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERKAITAN DENGAN HIGHER ORDER THINKING SKILL UNTUK SEKOLAH DASAR

Ditya Ayu Lathifah, Urip Umi Salamah

Abstract


Proses pembelajaran diperlukan karakteristik pada peserta didik yang aktif dan kreatif. Penumbuhan karakteristik pada peserta didik tersebut maka pendidik dapat menerapkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang terdapat materi pemecahan masalah. Setiap permasalahan yang dihadapi, peserta didik diharapkan dapat menyelesaikan dengan baik. HOTS merupakan cara berpikir yang mengedepankan nilai-nilai berpikir kritis dan kreatif sehingga dipandang mampu memberikan solusi dalam menghadapi tantangan di perkembangan zaman. HOTS menghubungkan masalah dan kreativitas melalui kegiatan perencanaan, pengamatan sendiri terhadap perkembangan masalah, dan penyesuaian strategi pemecahan masalah sendiri. Ketrampilan berpikir tingkat tinggi ini merupakan hasil dari proses pembelajaran yang telah dilakukan oleh pendidik untuk mengetahui kemajuan belajar peserta didik. Serta meningkatkan efektivitas dalam kegiatan pembelajaran. Keterampilan berpikir tingkat tinggi pada peserta didik dapat diberdayakan dengan memberikan masalah yang tidak biasa dan tidak menentu, sehingga siswa dapat menunjukkan dan menjelaskan penyelesaian masalah dalam pengetahuan maupun pengalaman. Proses pembelajaran pada model pembelajaran ini, menggunakan pendekatan yang lebih sistematik guna memecahkan sebuah permasalahan dan menghadapi tantangan yang kemungkinan besar bekal menghadang dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, adanya model pembelajaran PBL dapat memunculkan HOTS dalam proses pembelajaran.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.