PENERAPAN GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR DALAM MATERI PERKALIAN PECAHAN

Putri Zudhah Ferryka

Abstract


Kelas lima merupakan jenjang ke lima yang dilalui siswa ketika berada di sekolah dasar. Pembelajaran yang dilakukan harus penuh kebermaknaan sehingga semua siswa mampu memahami konsep materi yang diajarkan oleh guru. Perkalian pecahan merupakan salah satu materi yang bersifat abstrak, bukan materi hafalan, dan banyak mengandung konsep. Siswa harus mampu memahami agar tidak mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal-soal yang berhubungan dengan perkalian pecahan. Oleh karena itu, peran guru dalam menggunakan pembelajaran sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pemahaman siswa. Group investigation merupakan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajarannya. Pelaksanaan pembelajaran ini menggunakan media mika pecahan. Dalam pembelajaran perkalian pecahan ini guru mengajak siswa belajar di dalam kelas dan diluar kelas. Pembelajaran ini menuntut peran serta setiap siswa dalam anggota kelompok untuk melakukan suatu penyelidikan. Pembelajaran dilaksanakan secara berkelompok, dimana setiap siswa harus mampu berpikir, bertindak kreatif, dan mendesain suatu penemuan rumus atau konsep tertentu. Kemampuan komunikasi dan sosial dalam kelompok sangat diperlukan dalam pelaksanaan pembelajaran ini.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.