PROBLEM BASED LEARNING DAN KAITANNYA DENGAN LITERASI SAINS DALAM PEMBELAJARAN IPA SD

Farah Farri Santhi, Inova Istirohah

Abstract


Tujuan kajian ini adalah untuk mengetahui: (1) kelebihan problem based learning, (2) aspek dalam literasi, (3) kaitan antara problem based learning dan literasi. Problem based learning merupakan model yang mengakomodasikan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Untuk memperoleh informasi dan pemahaman dalam pemecahan masalah, problem based learning menuntut siswa belajar tentang bagaimana mengkonstruksi kerangka masalah, mengorganisasikan dan menginvestigasi masalah, mengumpulkan dan menganalisa data, menyusun fakta, serta mengkontruksi argumen. Literasi sains merupakan kemampuan memahami, mengidentifikasi pertanyaan, menarik kesimpulan, membuat keputusan, serta menggunakan pengetahuan sains yang dimiliki. Literasi sains mengajak peserta didik untuk dapat membangun proses sains yang berguna dalam pemecahan masalah di kehidupan sehari-hari. Hal ini senada dengan tujuan dalam problem based learning yang hasil akhirnya mengacu pada keterampilan proses pemecahan masalah. Hasil yang diharapkan dari kajian ini yaitu mengetahui: (1) kelebihan problem based learning, (2) aspek dalam literasi, (3) kaitan antara problem based learning dan literasi.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.