PEMBELAJARAN TEKS AKADEMIK BERWAWASAN LITERASI BARU

Nurul Setyorini, Kadariyati Kadariyati, Bagiya Bagiya

Abstract


Penelitian ini membahas pembelajaran Teks Akademik berwawasan literasi baru di perguruan tinggi dalam menjawab tantangan era Revolusi Industri 4.0. Tantangan era ini sangat kompleks yang mengharuskan perguruan tinggi mengimplementasikan literasi baru (literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia) yang menjadi pelengkap literasi lama (membaca, menulis, dan berhitung). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi pustaka. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pembelajaran Teks Akademik berwawasan literasi baru. Hasil kajian menunjukkan pembelajaran Teks Akademik di perguruan tinggi berwawasan literasi baru sangat strategis menjawab tantangan Revolusi Industri 4.0. Implementasi literasi bisa dilakukan dengan penguatan literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia yang dilaksanakan memanfaatkan media pembelajaran, materi, dan model pembelajaran yang berorentasi literasi baru. Selain meningkatkan pemahaman mahasiswa pada materi teks akademik, literasi baru meningkatkan keterampilan menulis dan berbicara berbasis data dan teknologi. Literasi baru menjadi ruh mahasiswa dalam menulis Teks Akademik. Implementasi literasi baru sangat ditentukan dosen Bahasa Indonesia yang harus memiliki kompetensi digital, menciptakan pembelajaran kreatif dan berpikir kritis, serta berbasis online.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.