SCIENCEPRENEURSHIP PADA PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR

Pinkan Amita Tri Prasasti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan sciencepreneurship pada pembelajaran IPA untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa kelas V SD Negeri 03 Segulung. Penelitian ini ditunjukkan dengan pencapaian hasil, mulai dari siklus I siswa yang dapat mencapai nilai ketuntasan hanya 2 siswa pada nilai klasikal 15,4% dengan perolehan rata-rata sebesar 77 dan pada siklus II siswa yang dapat mencapai nilai ketuntasan mencapai 11 siswa pada nilai klasikal 85% dengan perolehan rata-rata sebesar 96,2. Hasil tersebut menunjukkan bahwa dengan adanya pembelajaran implementasi sciencepreneurship pada pembelajaran IPA, siswa memiliki bekal mengenai dunia kewirausahaan yang diterapkan oleh peneliti yang ditunjukkan dari hasil akhir pembelajaran oleh siswa kelas V SD Negeri 03 Segulung. Pembelajaran yang melibatkan kearifan lokal daerah Segulung yang merupakan wilayah pegunungan dengan kekayaan alam yang melimpah, melalui pengolahan-pengolahan dengan proses IPA. Dengan bekal yang dimiliki oleh siswa tersebut, dapat memberikan dampak positif yaitu siswa lebih siap menghadapi tantangan kehidupan yang semakin menuntut lulusan dari berbagai jenjang untuk bisa lebih kreatif dan berinovatif dalam menciptakan peluang.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.