PROFIL KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN KARAKTER SISWA PADA MATERI ENERGI SERTA PERUBAHANNYA KELAS III SEKOLAH DASAR

Dea Rizky Saputri, Nur Ngazizah

Abstract


Keterampilan generik sains dapat dikelompokan sebagai berikut pengamatan langsung, pengamatan tidak langsung, pemahaman akan skala, bahasa simbolik, logical frame, konsistensi logis, hukum sebab akibat, pemodelan, dan membangun konsep. Pengamatan langsung dan tidak langsung termasuk dalam aspek dalam keterampilan generik sains yang dapat ditemui pada saat pembelajaran di sekolah dasar. Selain itu, yang juga menjadi faktor penting dalam pelaksanaan pembelajaran yang harus adanya kesesuaian pembelajaran dengan perkembangan anak serta dapat memberikan penguatan karakter yang baik bagi peserta didik. Berdasarkan permasalahan tersebut maka akan dilakukan penelitian yang bertujuan mengetahui profil keterampilan generik sains dan karakter pada materi energi dan perubahannya kelas III Sekolah Dasar. Hasil menunjukkan bahwa kategori hasil didapatkan rata-rata persentase aspek keterampilan generik sains pada siswa SDN 2 Mranti meliputi pengamatan langsung 70%, pengamatan tidak langsung 40%, membangun konsep 45%. Karakter yang ada pada siswa mengenai religius, gotong royong, nasionalis, integritas, dan mandiri juga masih tergolong rendah. Nilai religius 56%, gotong royong 60%, nasionalis 58%, integritas 49% dan mandiri 44%. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa keterampilan generik sains dan karakter siswa kelas III SDN 2 Mranti masih rendah sehingga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.