KAITAN PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DENGAN KETERAMPILAN GENERIC SAINS PADA IPA SEKOLAH DASAR

Nurul Hidayah, Nur Karimah

Abstract


Pembelajaran IPA SD merupakan salah satu pembelajaran yang menarik, yang mencakup aspek produk, proses, sikap dan aplikasi. Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi guru dituntut untuk kreatif, inovatif, dan mampu memiliki manfaat yang besar bagi peserta didik, namun kenyataan di lapangan masih banyak guru yang hanya memanfaatkan buku yang tersedia tanpa mengembangkan dengan zaman yang berkembang saat ini. Dengan adanya inovasi baru pembelajaran berbasis kearifan lokal ini, diharapkan guru mampu mengembangkan pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan serta kondisi siswa yang ada sebagai wujud pengenalan lingkungan sekaligus pemanfaatan dalam pembelajaran. Kearifan lokal merupakan suatu gagasan– gagasan setempat yang bersifat bijaksana, penuh kearifan, bernilai baik, yang tertanam dan diikuti oleh anggota masyarakat. Keterampilan generic sains adalah suatu pembelajaran yang mengajak siswa berpikir melalui sains dalam kehidupannya. Keterampilan generic sains memiliki delapan makna meliputi pengamatan langsung serta tidak langsung, pemahaman tentang skala, bahasa simbolik, keangka logika taat – asas dari hukum alam, sebab akibat, pemodelan, inferensi logika, dan membangun konsep Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kaitan antara pembelajaran berbasis karifan lokal ini dengan keterampilan generic sains padapembelajaran IPA SD.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.