KAITAN ANTARA PENDIDIKAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DENGAN PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA

Sri Sumarti, Rizkia Saputri

Abstract


Kreativitas siswa dalam pembelajaran IPA perlu di kembangkan di sekolah karena Sekolah dapat menjadi tempat berkembangnya kreativitas siswa. Seharusnya kegiatan pembelajaran IPA di kelas dapat merangsang aktivitas kreatif siswa agar berkembang. Akan tetapi, pada realitanya tidak semua pembelajaran di kelas sering memberi perhatian terhadap pengembangan kreativitas siswa. Maka dari itu pelu dikaitkan antarkearifan lokal dengan kreativitas siswa. Kearifan lokal merupakan modal pembentukan karakter luhur. Karakter luhur adalah watak bangsa yang senantiasa bertindak dengan penuh kesadaran, purba diri, dan pengendalian diri.Pijaran kearifan lokal selalu berpusar pada upaya menanggalkan hawa nafsu, meminimalisir keinginan, dan menyesuaikan dengan empan papan. Kearifan lokal adalah suatu wacana keagungan tata moral. Sedangkan untuk kreativitas siswa merupakan potensi yang mutlak dimiliki oleh setiap peserta didik untuk mencapai prestasi yang optimal dalam menempuh studi. Kreativitas belajar siswa adalah kemampuan siswa menciptakan hal-hal baru dalam belajarnya baik berupa kemampuan mengembangkan informasi yang diperoleh dari guru dalam proses belajar mengajar yang berupa pengetahuan sehingga dapat membuat kombinasi yang baru dalam belajarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat kaitan perkembangan kreatif siswa berbasis kearifan lokal apakah mampu untuk menumbuhkan jiwa kreatif siswa dalam pembelajaran IPA.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.