ANALISIS KERJA SAMA DAN KEMAMPUAN KREATIVITAS SISWA KELAS V SD PADA MATERI EKOSISTEM

Anjas Wiharti, Nur Ngazizah

Abstract


Kemampuan kerja sama dan kemampuan kreativitas siswa dalam materi ekosistem baru terbatas pada pembuatan produk atau karya hanya menggunakan plastisin dan masih individu. Hal tersebut belum sesuai dengan kebutuhan siswa dalam penerapannya ke dalam kehidupan sehari-hari. Kerja sama merupakan suatu kegiatan atau aktivitas yang terdiri dari dua orang atau lebih dengan memiliki target atau tujuan dalam jangka waktu tertentu yang dapat mengurangi biaya, tenaga, dan waktu dalam pengerjaannya dalam kerja sama, sedangkan kreativitas merupakan kemampuan untuk mencipta atau menemukan ide yang kemudian dapat diciptakan dalam sebuah produk yang dapat menghasilkan sesuatu yang baru. Tujuan penelitian ini untuk mengefektifkan kemampuan kerja sama dan kreativitas pada siswa kelas V SD pada materi ekosistem. Dengan menggunakan metode tes, wawancara, dan dokumentasi untuk mencapai aspek kemampuan tersebut. Hasil yang didapat dalam aspek pada kerja sama meliputi tanggung jawab, koordinasi, bertukar informasi, fokus pada tugas, dan komunikasi masih rendah. Selain itu, aspek pada kreativitas meliputi kemampuan mencari informasi, kemampuan mengembangkan informasi, keluwesan menerapkan informasi, originality, dan kemampuan mengevaluasi juga masih rendah. Berdasarkan hasil tersebut perlu adanya penelitian lebih lanjut tentang keefektifan kemampuan kreativitas dan kerja sama siswa pada materi ekosistem kelas V SD.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.