PRAMUKA UNTUK PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI ERA SOCIETY 5.0

Emma Juwita Magdalena Sirait, Sopianto Sopianto

Abstract


Pendidikan karakter penting bagi pertumbuhan individu menjadi manusia yang seutuhnya. Pendidikan karakter adalah upaya yang terencana untuk menjadikan peserta didik mengenal dan menginternalisasi nilai – nilai sehingga peserta didik berperilaku sebagai insan kamil. Nilai-nilai pendidikan karakter yang dapat dihayati adalah religius, nasionalis, cerdas, tanggung jawab, disiplin, mandiri, jujur, dan arif, hormat dan santun, dermawan, suka menolong, gotong-royong, percaya diri, kerja keras, tangguh, kreatif, kepemimpinan, demokratis, rendah hati, toleransi, solidaritas dan peduli. Pada kegiatan ektrakurikuler pramuka ini banyak kegiatan yang diberikan kepada anak-anak serta memiliki tujuan untuk membentuk karakter diri mereka seperti mandiri, disiplin, bertanggung jawab, bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbagai karakter baik lainnya yang diperlukan dan harus di miliki oleh setiap anak bangsa. Pengembangan pendidikan karakter bagi peserta didik melalui Penerapan Prinsip Dasar Kepramukaan serta kegiatan gerakan pramuka yang dipadu-padankan dengan kegiatan edukatif dan menarik untuk diikuti anak-anak karena banya melibakan praktek langsung seperti pada latihan baris-berbaris, haiking serta perkemahan yang biasanya dirangkai kan dalam perkemahan sabtu-minggu (Persami). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan metode wawancara dan observasi serta dokumentasi. Tujuan penelitian adalah untuk mengungkap peran kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dalam pengembangan karakter peserta didik.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.