PENGUATAN DAYA NALAR PESERTA DIDIK MELALUI PENILAIAN HOTS BERBASIS LITERASI SAINS

Vira Oktaviani Havsari

Abstract


Penilaian pembelajaran dapat dikatakan suatu proses belajar mengajar dan di evaluasi dengan bentuk penilaian. HOTS merupakan kemampuan untuk menghubungkan, memanipulasi, dan mengubah pengetahuan serta pengalaman yang sudah dimiliki secara kritis dan kreatif dalam menentukan keputusan untuk menyelesaikan masalah pada situasi baru. Aspek-aspek HOTS ada 3 meliputi menganalisis , mengevaluasi, dan mencipta. Literasi sains bukan hanya membaca, tetapi memahami, mengetahui, memperhatikan, menguasai keadaan alam sekitar, ekonomi, lingkungan sekitar dan sosial. Pembelajaran HOTS mengajak siswa berpikir secara logika bukan hanya sekadar mengingat dan menghapal rumus. Aspek-aspek literasi sains memahami, mengkomunikasikan, mengaplikasikan, dan menerapkan keadaan alam sekitar.
Kata Kunci: HOTS, literasi sains, penilaian pembelajaran, dan literasi sains

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.