BAHAN AJAR TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENANAMKAN KARAKTER PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Rokhimatul Khotimah, Nur Ngazizah

Abstract


Kurikulum 2013 merupakan kurikulum terintegrasi yang menekankan pada pengetahuan, keterampilan, dan sikap serta penanaman karakter pada siswa. Pembelajaran tematik-integratif merupakan pendekatan pembelajaran pada Kurikulum 2013 yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam berbagai tema. Pembelajaran tematik integratif didukung perangkat pembelajaran tematik-integratif berkualitas sehingga menumbuhkan kemampuan berpikir kritis dan karakter positif. Perangkat pembelajaran meliputi program pembelajaran sampai dengan bahan ajar yang digunakan. Pembelajaran tematik yang meaningful dan joyfull dapat diwujudkan dengan mengaitkan materi pembelajaran dengan dunia terdekat siswa atau biasa dikenal dengan contextual teaching and learning. Untuk mengontekstualkan pembelajaran tematik dilakukan melalui penanaman nilai-nilai kearifan lokal. Pemerolehan pembelajaran bermakna dari kemauan belajar sesuai dengan lingkungan sosialnya. Dengan demikian unsur budaya tidak bisa dilepaskan dalam merancang sebuah pembelajaran di sekolah.
Kata Kunci: bahan ajar, karakter, kearifan lokal, dan tematik-integratif

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.