MENUMBUHKAN KARAKTER CINTA LINGKUNGAN MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS OUTBOUND
Abstract
Pembelajaran IPA merupakan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis untuk menguasai tentang pengetahuan, fakta-fakta, konsep-konsep, prinsip-prinsip, proses penemuan, dan memiliki sikap ilmiah. Pembelajaran IPA bermanfaat bagi siswa untuk mempelajari diri sendiri dan lingkungan. Outbound merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan di alam terbuka yang melakukan beberapa simulasi permainan baik secara individu maupun secara kelompok. Outbound efektif untuk meningkatkan kerjasama dan membangun karakter individu. Kompetensi siswa bisa ditingkatkan melalui pengembangan pengetahuan, skill, dan karakter. Kegiatan outbound sebagai tempat pendidikan alam terbuka yang menitikberatkan pembelajaran praktik dan pengalaman nyata. Karakter cinta lingkungan merupakan pengajaran atau suatu proses untuk membentuk sifat-sifat yang positif terhadap lingkungan. Penanaman karakter cinta lingkungan baik untuk diajarkan, dibiasakan, dan dilatih secara konsisten kepada siswa. Karakter cinta lingkungan dapat ditingkatkan dengan melakukan pembelajaran di luar kelas dengan metode outbound. Pembelajaran IPA berbasis outbound diharapkan mampu menimbulkan suasana yang menyenangkan. Pembelajaran dilakukan dengan permainan dan lebih mendekatkan siswa dengan lingkungan, sehingga dapat menumbuhkan karakter cinta lingkungan dalam diri siswa.
Kata Kunci: pembelajaran IPA, outbound, dan karakter cinta lingkungan
Kata Kunci: pembelajaran IPA, outbound, dan karakter cinta lingkungan
Refbacks
- There are currently no refbacks.