PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS OUTBOUND

Dewi Mariyah Fitriyani

Abstract


Tujuan pembelajaran IPA adanya perubahan tingkah laku peserta didik yang disebabkan oleh pengalaman dan kegiatan untuk mempelajari alam melalui kerja ilmiah untuk menghasilkan pemahaman konsep, prinsip, hukum serta sikap ilmiah sehingga bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Pembelajaran inovatif merupakan pembelajaran yang dirancang oleh guru sifatnya baru, bertujuan memfasilitasi peserta didik dalam membangun pengetahuan sendiri dalam proses perubahan perilaku ke arah yang lebih baik sesuai dengan potensi dan perbedaan yang dimiliki siswa. Pembelajaran IPA di Sekolah dasar memerlukan pembaruan pembelajaran agar tidak membosankan. Inovatif pembelajaran dilatarbelakangi perbedaan karakter yang dimiliki oleh siswa, sarana prasarana, suasana pembelajaran yang menyenangkan. Outbound merupakan suatu kegiatan belajar di luar ruangan sebagai sarana penambah wawasan yang didapat dari serangkaian pengalaman sehingga dapat memacu pembentukan pengetahuan, karakter positif, semangat belajar,kreativitas, motivasi, kinerja, dan tanggung jawab peserta didik. Pada pembelajaran IPA guru perlu menerapkan dan mengembangkan berbagai inovasi, seperti pembelajaran berbasis outbound ini. Outbound bertujuan untuk melatih anak peduli, berkomunikasi, mengenalkan cara belajar yang kreatif. Pendidikan karakter merupakan bentuk kegiatan manusia yang di dalamnya terdapat suatu tindakan yang mendidik diperuntukkan bagi generasi selanjutnya. Inovasi pembelajaran berbasis outbound dalam pembelajaran IPA sangat diperlukan dan bertujuan untuk membentuk karakter peserta didik di Sekolah Dasar.
Kata Kunci: inovatif, karakter, dan outbond

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.