MEMBANGUN KARAKTER SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR MELALUI PERMAINAN LOMPAT KATAK DALAM MATERI POLA BILANGAN

Putri Zudhah Ferryka

Abstract


Kelas satu merupakan jenjang pertama yang dilalui siswa ketika masuk sekolah dasar. Sejak saat itu penanaman nilai-nilai karakter harus terintegrasi dalam semua aktivitas kegiatan di sekolah. Salah satu kegiatan di sekolah adalah proses kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di kelas maupun luar kelas. Karakteristik anak kelas satu sangat senang bermain, sehingga kegiatan pembelajaran harus dirancang menggunakan permainan dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter. Contoh penerapan melalui permainan lompat katak. Permainan lompat katak dapat merangsang keaktivan siswa dengan suasana pembelajaran yang menyenangkan untuk melatih keterampilan siswa dalam menemukan pola bilangan. Penerapan permainan lompat katak berisi nilai-nilai karakter religius, kreaktif, kerja keras, kedisiplinan, rasa ingin tahu, bersahabat, dan tanggung jawab dapat terbentuk dalam diri seorang siswa.
Kata Kunci: karakter siswa, permainan lompat katak, dan sekolah dasar

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.