APLIKASI KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP

Amalina Hanik

Abstract


Keterampilan generik sains memiliki delapan makna meliputi pengamatan langsung serta tidak langsung, pemahaman tentang skala, bahasa simbolik, kerangka logika taat-asas dari hukum alam, sebab akibat, pemodelan, inferensi logika, dan membangun konsep. Aspek keterampilan generik sains yang mudah diterapkan di Sekolah Dasar adalah pengamatan langsung dan sebab akibat. Pengamatan langsung akan memberikan pengetahuan kepada siswa dalam jangka waktu yang lebih lama. Sebab akibat dapat membantu siswa berpikir kritis dengan yang dilihat dan mencari hubungan dua variabel. Materi yang dapat di aplikasikan dengan keterampilan generik sains adalah ciri-ciri makhluk hidup kelas IV. Ciri-ciri makhluk hidup yang dapat diamati secara langsung adalah ciri-ciri tumbuhan. Mengamati ciri-ciri tumbuhan dapat dilakukan dengan mengamati tumbuhan yang ada disekitar lingkungan rumah atau sekolah. Mengamati ciri-ciri tumbuhan juga dapat dilakukan dengan membawa beberapa tumbuhan saat pembelajaran. Tujuan penulisan untuk mendeskripsikan penerapan keterampilan generik sains pada pelajaran IPA SD materi ciri-ciri makhluk hidup.
Kata Kunci: keterampilan generik sains, ciri makhluk hidup, dan pembelajaran IPA
Abstract

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.