PEMBELAJARAN IPA BERBASIS DISABILITAS MENGGUNAKAN MEDIA VIRSAG

Dhea Ayu Widyaningrum

Abstract


Disabilitas merupakan kekurangan yang terjadi pada fisik seseorang. Penyebab disabilitas ada dua meliputi kecelakaan dan gen. Media khusus penyandang disabilitas dalam ranah pendidikan masih kurang diperhatikan. Hal ini menjadikan guru sulit dalam menyampaikan materi ke siswa. Siswa tunadaksa merupakan siswa yang mengalami kelainan atau kecacatan pada sistem otot, tulang, dan persendian. Media VIRSAG (Virtual Reality Science Glass) merupakan gagasan media belajar IPA untuk siswa tunadaksa yang memiliki kebutuhan khusus. VIRSAG memberi ilustrasi nyata tentang konsep IPA seperti materi ekosistem, sistem pencernaan, sistem pernapasan, wujud dan sifat zat dan energi. IPA merupakan ilmu yang dipelajari dengan cara pengamatan langsung dan percobaan. Tujuannya untuk mendiskripsikan tentang proses belajar siswa tunadaksa pada pembelajaran IPA. Harapan dengan adanya media VIRSAG dapat mewujudkan pendidikan inklusif di sekolah dasar dan mampu mendorong siswa tunadaksa agar lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran IPA.
Kata Kunci: disabilitas, media VIRSAG, pembelajaran IPA, dan tunadaksa

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.