PENGGUNAAN APLEN (APLIKASI ONLINE) SEBAGAI UPAYA KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

Nur Oknisih, Suyoto Suyoto

Abstract


Aspek media pembelajaran meliputi aspek produk, aspek proses, aspek sikap, dan aplikasi. APLEN merupakan aplikasi daring yang membantu siswa dalam kemandirian dan keaktivan. APLEN ini dapat berupa grup WhatsApp, Google, dan Aplikasi belajar yang berguna untuk mengaplikasikan dan mengakses sebuah informasi pembelajaran dan menyelesaikan masalah pembelajaran. Tujuan APLEN untuk mengetahui upaya kemandirian belajar siswa, pengaruh fasilitas belajar terhadap kemandirian belajar siswa, pengaruh keaktivan belajar terhadap kemandirian belajar siswa, dan pengaruh fasilitas belajar, dan keaktivan belajar terhadap kemandirian belajar siswa sekolah dasar.
Kata Kunci: aplikasi online, kemandirian belajar, dan keaktivan siswa

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.