PEMBELAJARAN IPA SISWA TUNARUNGU MELALUI MEDIA FLASHCARD

Dika Fajar Saraswati

Abstract


Anak tunarungu mempunyai gangguan pendengaran sehingga tidak dapat mendengar bunyi secara sempurna dan mengakibatkan adanya hambatan dalam menerima materi pembelajaran. Anak tunarungu memerlukan bimbingan dan layanan pendidikan yang layak. Kriteria dalam pemilihan media pembelajaran salah satunya kriteria interative, maksudnya bahwa media dapat digunakan sebagai komunikasi dua arah. Penggunaan media flashcard dapat dikondisikan dalam bentuk permainan yang melibatkan aktivitas fisik, intelektual maupun mental. Media flashcard bertujuan untuk menambah keaktivan siswa tunarungu terhadap pembelajaran IPA, memudahkan siswa tunarungu dalam menerima materi pelajaran IPA, menarik siswa tunarungu dalam mengikuti pembelajaran IPA. Harapan penggunaan media flashcard agar siswa tunarungu dapat menerima dengan mudah materi yang diajarkan serta dapat membuat siswa tunarungu lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran IPA.
Kata Kunci: Media Flashcard, pembelajaran IPA, dan siswa tunarungu

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.