PEMBELAJARAN IPA SD MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENUMBUHKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA

Titi Irawati

Abstract


Proses pembelajaran merupakan mengembangkan aktivitas siswa melalui berbagai interaksi dan pengalaman belajar. Pengalaman belajar akan menunjukan keterkaitan unsur konseptual yang akan menjadikan proses belajar yang lebih efektif. Akan tetapi dalam kenyataannnya sering kali siswa tidak bersemangat dalam pembelajaran dan merasa bosan. Salah satu alternatif yang dilakukan untuk mengembalikan semangat belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menerapkan metode eksperimen. Kegiatan dalam metode eksperimen siswa melakukan percobaan bercocok tanam menggunakan teknik hidroponik.Teknik hidroponik merupakan cara bercocok tanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Langkah selanjutnya adalah melakukan pengamatan serta perawatan tanaman dengan bimbingan guru. Siswa akan lebih termotivasi untuk belajar dengan memberikan kesempatan untuk mengalami dan membuktikan sendiri suatu konsep yang dipelajarinya. Harapan dari kegiatan eksperimen siswa dapat memiliki semangat belajar yang tinggi berdasarkan rasa ingin tahu yang muncul. Cara berpikir anak SD cenderung belajar dari hal-hal yang bersikap nyata, memandang sesuatu yang dipelajari dari satu kesatuan utuh dan terpadu. Dengan metode ilmiah, siswa usia SD dapat dilibatkan secara langsung dalam perkembangan IPA melalui berbagai keinginan nyata dengan alam dan dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, kegiatan tersebut menambah semangat belajar siswa, melatih keterampilan proses, dan melatih sikap ilmiah siswa.
Kata Kunci: eksperimen, hidroponik, pembelajaran, dan semangat belajar

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.