METODE JOYFULL LEARNING BERBASIS ICE BREAKING UNTUK MENUMBUHKAN SEMANGAT SISWA SD DALAM PEMBELAJARAN IPA

Tri Heryawan

Abstract


Pembelajaran Joyfull Learning merupakan suatu metode pembelajaran yang menciptakan pembelajaran menyenangkan sehingga kegiatan pembelajaran menjadi lebih bermakna dan tidak membosankan. Metode Joyfull Learning merupakan metode pembelajaran yang dapat digunakan dengan melibatkan siswa dalam mempelajari materi. Ice breaking merupakan permainan atau kegiatan yang sederhana, ringan, dan ringkas. Ice breaking berfungsi untuk mengubah susunan kebekuan, kekakuan, rasa bosan atau mengantuk dalam pembelajaran. Kegiatan Ice breaking bertujuan untuk membangun suasana belajar yang dinamis penuh semangat dan antusias serta menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, serius tapi santai. Pembelajaran sains atau IPA merupakan sebuah kegiatan pembelajaran yang berorientasi pada lingkungan alam. Untuk mewujudkan pembelajaran sains yang baik dalam mencapai tujuan pembelajaran tersebut maka dapat menerapkan kegiatan Ice Breaking dalam proses pembelajaran IPA SD. Hal ini dengan memanfaatkan semangat siswa yang berasal dari dalam maupun dari luar individu untuk mempelajari materi-materi dalam pelajaran IPA. Berdasarkan hal diatas maka diharapkan bahwa dengan metode Joyfull Learning berbasis Ice Breaking dapat menumbuhkan semangat siswa SD dalam pembelajaran IPA.
Kata Kunci: metode joyfull learning, ice breaking, dan semangat siswa SD

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.