MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WORD SQUARE PEMAHAMAN DAN BERPIKIR KRITIS

Khadik Fatchur Rohman

Abstract


Masalah yang melatarbelakangi pembelajaran Matematika yaitu pada kenyataannya siswa sering menganggap Matematika sebagai mata pelajaran yang sulit, hal ini disebabkan kurang maksimalnya penggunaan model pembelajaran sehingga siswa merasa bosan saat mengikuti proses pembelajaran. Pembelajaran yang kurang maksimal ditandai dengan kurangnya minat siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, seperti timbulnya rasa bosan dan mengobrol bersama temannya saat guru sedang menjelaskan materi pelajaran. Hal tersebut jika dibiarkan dikhawatirkan akan berdampak negatif terhadap pemahaman dan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Matematika. Solusi dalam permasalahan ini yaitu melalui model pembelajaran kooperatif tipe Word Square, siswa dapat meningkatkan pemahaman dan berpikir kritis lebih tinggi dikarenakan guru mengajarkan model pembelajaran kooperatif tipe Word Square dengan cara permainan berkelompok. Model pembelajaran kooperatif tipe Word Square adalah model yang memadukan kemampuan menjawab pertanyan dengan kejelian dalam mencocokan jawaban pada kotak-kotak jawaban. Kelebihannya model ini meliputi kegiatan tersebut mampu mendorong siswa untuk memahami materi, melatih siswa untuk displin, dapat melatih siswa sikap teliti dan kritis, dan merangsang siswa untuk berpikir efektif. Tujuannya untuk mengetahui tingkat pemahaman dan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Word Square. Hasil ini menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Word Square mampu meningkatkan pemahaman dan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Matematika.
Kata Kunci: kooperatif, word square, dan pembelajaran Matematika

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.