MEMBANGUN PEMAHAMAN PEMBELAJARAN DENGAN MODEL INKUIRI BERBASIS GENERIK SAINS

Desi Resmiyati

Abstract


Pembelajaran inkuiri adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Pembelajaran inkuiri berorientasi pada aktivitas kelas yang berpusat pada siswa dan memungkinkan siswa belajar memanfaatkan berbagai sumber belajar yang tidak hanya menjadikan guru sebagai sumber belajar. Siswa secara aktif terlibat dalam proses mentalnya melalui kegiatan pengamatan, pengukuran, dan pengumpulan data untuk menarik suatu kesimpulan. Kemampuan generic sains pada dasarnya adalah cara berpikir dan berbuat siswa dalam mempelajari berbagai konsep sains dan menyelesaikan masalah serta belajar teoritis di kelas maupun dalam praktek yang mengandung kompetensi generic yang kemudian digunakan secara umum dalam berbagai kerja ilmiah. Pemahaman konsep merupakan proses mengetahuinya seseorang terhadap komunikasi dapat berupa ide yang mempersatukan fakta-fakta tanpa harus dikaitkan dengan materi lain. Pengertian tersebut mengandung makna bahwa dalam belajar siswa tidak hanya dituntut untuk menghafal, melainkan harus mampu memahami yang akan dipelajari. Pemahaman konsep merupakan kemampuan manusia dalam membedakan, mengelompokkan, dan menanamkan sesuatu pengumpulan data untuk menarik suatu kesimpulan. Model pembelajaran inkuiri berbasis generik sains diharapkan dapat meningkatkan pemahaman konsep pembelajaran IPA.
Kata Kunci: generik sains, pemahaman konsep, dan pembelajaran inkuiri

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.