KETERKAITAN HOTS DENGAN KEAKTIVAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR

Widiana Lestari

Abstract


Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran yang bermakna. Pendidikan saat ini diharapkan bukan hanya sekedar mengajarkan pokok-pokok pengetahuan saja, melainkan harus mampu mengembangkan dan mengasah potensi-potensi yang dimiliki oleh siswa itu sendiri. HOTS (High Order Thinking Skills) merupakan suatu keterampilan berpikir tingkat tinggi yang menuntut pola pemikiran secara kritis, kreatif, dan analisis terhadap informasi dan data yang digunakan dalam memecahkan suatu masalah. IPA merupakan mata pelajaran yang memuat pengetahuan, gagasan dan konsep yang dapat memberikan suatu pengalaman belajar yang bermakna terhadap anak. Keaktivan siswa dalam proses kegiatan pembelajaran sebagai upaya dalam membina pengetahuan, sikap dan keterampilan melalui interaksi siswa pada lingkungan belajar. Hal ini sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 yang dipandang sebagai tombak untuk melatih siswa agar dapat aktif dalam pembelajaran serta mampu mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan mengasah potensi-potensi yang dimilikinya. Berdasarkan hal di atas,, tujuan artikel ini untuk mengetahui kaitan antara HOTS dengan keaktivan siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.
Kata Kunci: HOTS, keaktivan siswa, dan kurikulum 2013

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.