KETERKAITAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS KEMAMPUAN GENERIC SAINS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SD
Abstract
Paradigma pembelajaran yang berpusat pada siswa menuntut guru untuk mengurangi dominasi guru dalam kegiatan pembelajaran, sehingga siswa secara optimal dapat mengembangkan potensi-potensi yang dimilikinya, seperti kemampuan generik sains. Kurangnya kemampuan guru dalam menggunakan model-model pembelajaran yang inovatif membuat siswa kurang antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. Inkuiri terbimbing adalah kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Kemampuan berpikir dan bertindak berdasarkan pengetahuan sains yang dimilikinya melalui kerangka berpikir sains disebut kemampuan generik sains. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan penerapan model inkuiri terbimbing berbasis kemampuan generik sains terhadap pemahaman konsep IPA. Pemahaman konsep IPA adalah kemampuan siswa untuk dapat memahami suatu konsep atau fakta dan menjawabnya dengan menggunakan kalimat sendiri tanpa mengubah arti dari konsep yang dimaksudkan. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Hasilnya diharapkan agar penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing memberikan pengaruh yang positif terhadap peningkatan pemahaman konsep IPA. Harapan dari model pembelajaran inkuiri siswa mempunyai kemampuan generik sains dalam memahami konsep IPA.
Kata Kunci: inkuiri, generik sains, dan pemahaman konsep
Kata Kunci: inkuiri, generik sains, dan pemahaman konsep
Refbacks
- There are currently no refbacks.