PENGARUH MODEL GO-BUNG TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA GAMELAN SISWA KELAS XII SMK BINUS

Agus Widiyanto

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Go-Bung terhadap Penguasaan Kosakata Gamelan Siswa Kelas XII SMK Binus”. Rumusan masalah pada penelitian ini adakah perbedaan kemampuan penguasaan kosakata gamelan antara kelas yang diajar dengan model go-bung dan yang diajar dengan model ceramah pada siswa kelas XII SMK Binus? Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perbedaan kemampuan penguasaan kosakata gamelan antara kelas yang diajar dengan model go-bung dan yang diajar dengan model ceramah pada siswa kelas XII SMK Binus. Pada hal ini, model go-bung dipadukan dengan teka-teki silang. Jenis penelitian ini ialah deskripsi-kuantitatif-eksperimen. Populasi pada penelitian ini ialah siswa kelas XII SMK Binus. Di samping itu, sampelnya terdiri dari dua kelas, yaitu XII Far A (eksperimen) dan XII Kep A (kontrol). Teknik samplingnya cluster random sampling. Metode pengumpulan datanya melalui uji tes. Data dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan penguasaan kosakata gamelan antara kelas yang diajar dengan metode go-bung dan yang diajar dengan metode ceramah pada siswa kelas XII SMK Binus. Hal itu terbukti dari nilai thitung > ttabel, yaitu 3,3235 > 2,00856. Jadi, hipotesis nul (H0) ditolak. Siswa merasa senang ketika diajar dengan metode go-bung, khususnya sewaktu pandemi.

 

Kata Kunci: kosakata, model go-bung, pembelajaran bahasa Jawa, teka-teki silang


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.