RESPON PETANI TERHADAP PELAYANAN KUPRA SEBAGAI PENGGANTI KUR DI BRI PUTRA RUMBIA KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Aprilia Rahmawati, Sumaryo Gitosaputro, Begem Viantimala

Abstract


Penelitian ini menganalisis : (1) respon petani terhadap pelayanan Kredit Umum Pedesaan Rakyat (KUPRA) sebagai pengganti Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada BRI Unit Putra Rumbia, (2) hubungan antara kualitas pelayanan kredit dengan respon petani, (3) solusi alternatif terbaik bagi petani sebagai nasabah kredit untuk pembiayaan modal usaha tani di Putra Rumbia.  Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Putra Rumbia Kabupaten Lampung Tengah.  Responden dalam penelitian ini berjumlah 65 orang yang terdiri dari enam petani nasabah KUPRA, 47 petani nasabah KUR, dan 12 petani nasabah KUR-KUPRA.  Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriftif kualitatif, tabulasi, Rank Spearman, dan analytical hierarki process (AHP).  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Respon petani terhadap  pelayanan BRI Unit Putra Rumbia termasuk dalam kategori cukup, (2) Kualitas pelayanan berhubungan dengan respon petani.  Semakin tinggi kualitas pelayanan yang diberikan maka respon akan semakin baik.  Semakin rendah kualitas pelayanan maka respon akan semakin buruk. (3) Alternatif kredit terbaik bagi petani yaitu dengan menggunakan kredit BRI Putra Rumbia.

Keywords: BRI, Kualitas pelayanan, KUPRA, KUR, Respon Petani


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.