PERANCANGAN BUSINESS MODEL CANVAS SEBAGAI ALTERNATIF STRATEGI BISNIS PENANGKARAN JAHE MERAH

Didik Widiyantono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi model bisnis penangkaran jahe merah yang dilakukan kelompok Lumbung Mino Lestari (LML) dan merancang alternatif strategi bisnis menggunakan Business Model Canvas (BMC). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di kelompok Lumbung Mino Lestari desa Argomulyo Sedayu Bantul. Penelitian dilakukan  bulan Nopember sampai dengan Februari 2020. Teknik pemilihan informan dengan menggunakan snowball sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan melakukan wawancara mendalam dengan 10 orang informan yang terlibat langsung. Hasil penelitian ini menunjukan pilihan strategi bisnis yang tepat untuk Lumbung Mino Lestari untuk masing-masing blok pada BMC. Elemen customer segment kelompok LML berfokus kelompok ibu-ibu yang tergabung dalam PKK, kelompok wanita tani, dan kelompok pedagang jamu gendong. Elemen value propositions memberikan pendampingan budidaya jahe merah dan kemudahan dalam transaksi. Elemen channel berupa pemanfaatan smartphone dan media sosial. Elemen customer relationships kelompok diperlukan untuk memperhatikan ketersediaan bibit jahe merah. Elemen revenue streams kelompok berasal dari penjualan bibit  dan jasa. Elemen key resources kelompok terdiri dari sumber daya fisik, sumber daya intelektual, sumber daya manusia dan sumber daya finansial. Elemen key activities yang dimiliki terletak pada proses penangkaran rimpang jahe merah. Elemen key partnerships utama kelompok berasal dari pemasok rimpang jahe merah. Sedangkan elemen terakhir yakni elemen cost structure terdiri dari biaya tetap dan biaya variabel.

Kata Kunci : bmc, bisnis, jahe merah, rimpang, strategi.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.