PERSEPSI SISWA TERHADAP KETERAMPILAN MENGAJAR MAHASISWA PPLK DI SMP NEGERI 24 SIJUNJUNG

Silvia Anggreni BP

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya kemampuan mengajar mahasiswa PPLK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap keterampilan mengajar Mahasiswa PPLK di SMP N 24 Sijunjung dalam hal (1) keterampilan bertanya, (2) keterampilan menjelaskan, dan (3)keterampilan mengelola kelas. Jenis penelitian ini adalah berupa penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh di SMP N 24 Sijunjung yang terdiri dari 7 kelas sebanyak 198 siswa. Sampel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling, dan diperoleh sampel sebanyak 50 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dengan persentase (%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap keterampilan bertanya adalah baik sekali dengan persentase 76,93%, keterampilan menjelaskan adalah baik sekali dengan persentase 74,60%, keterampilan mengelola kelas adalah baik dengan persentase 72,87%.

Kata kunci: Keterampilan Mengajar dan PPLK.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.